Jl. Wijayandaru 35 Wilangan Kec. Sambit Kab. Ponorogo Pos 63474

Kamis, 20 Januari 2022

AKSI NYATA - BUDAYA POSITIF

BUDAYA POSITIF



Oleh: Hanung Eko Suhartanto, S.Pd.SD
Calon Guru Penggerak Angkatan 4 Kab. Ponorogo


Menumbuhkan budaya positif dari keyakinan kelas untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

A. LATAR BELAKANG

Sekolah yang memberikan kemerdekaan bagi peserta didik, tidak ada kekerasan, bulliying, dan pemaksaan terhadap warga sekolah khususnya peserta didik menjadi sekolah idaman saat ini. Sudah seyogyanya iklim pendidikan tercipta dengan budaya atas kebiasaan positif yang tumbuh dari setiap warga sekolah.

Untuk mencapai kemerdekaan atau menciptakan murid yang merdeka, syarat utamanya adalah harus ada disiplin yang kuat. Disiplin yang dimaksud adalah disiplin diri, yang memiliki motivasi internal. Tujuannya supaya motivasi internal ini tertanam dalam diri murid-murid sehingga menjadi orang yang mereka inginkan dan menghargai diri sendiri dengan nilai-nilai yang mereka percaya. Ketika mereka memiliki motivasi ini, dampak jangka panjang akan tertanam bukan hanya karena terpengaruh pada adanya hukuman atau hadiah.

Salah satu cara menanamkan disiplin positif untuk menumbuhkan motivasi internal adalah dengan keyakinan kelas. Mengapa keyakinan kelas?

Jawabannya seperti halnya ketika menggunakan helm bila mengendarai kendaraan roda dua. Jika menggunakan helm saat mengendarai kendaraan roda dua karena adanya peraturan tilang dari kepolisian, maka motivasi ini tidak akan bertahan lama dan akan hilang saat berada di daerah yang jarang ditegakkan peraturan tilang. Namun jika menggunakan helm karena kesadaran dari dalam diri. Yakin bahwa dengan menggunakan helm untuk keselamatan, maka motivasi ini lah yang kita sebut motivasi internal.

B. DESKRIPSI AKSI NYATA

Aksi nyata ini saya terapkan kepada siswa kelas 5 dengan tujuan menumbuhkan budaya positif dengan membuat keyakinan kelas sehingga nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila akan tertanam.

C. TOLOK UKUR

  1. Peserta didik mampu membuat kesepakatan untuk dasar keyakinan yang disepakati
  2. Siswa dapat mengaplikasikan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila secara sadar dan kontinyu

D. LINIMAS TINDAKAN YANG AKAN DILAKUKAN

Adapun linimas tindakan yang dilakukan :

  1. Menyusun rancangan tindakan
  2. Melakukan koordinasi dan sosialisasi dengan pihak sekolah
  3. Guru menjelaskan pentingnya kesepakatan untuk menumbuhkan keyakinan kelas
  4. Guru memfasilitasi murid untuk membuat kesepakatan kelas sebagai dasar keyakinan kelas
  5. Menumbuhkan, menanamkan, dan membiasakan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila berdasarkan keyakinan yang sudah disepakati
  6. Mendokumentasikan setiap kegiatan

E. DUKUNGAN YAN DIBUTUHKAN

  1. Kepala sekolah
  2. Rekan guru SD Negeri Wilangan
  3. Orang tua murid
  4. Siswa kelas 5

DOKUMENTASI KEGIATAN DENGAN SISWA KELAS 5:

Penjelasan kegiatan

Memfasilitasi murid membuat keyakinan kelas

Keyakinan kelas yang sudah disepakati


DOKUMENTASI KEGIATAN DENGAN REKAN GURU DALAM
KELOMPOK KERJA GURU (KKG) KELAS 5:

Sambutan Pengawas Sekolah

Membagikan pemahaman kepada rekan KKG

Memberi motivasi kepada rekan KKG




0 comments:

Posting Komentar