Jl. Wijayandaru 35 Wilangan Kec. Sambit Kab. Ponorogo Pos 63474

Kamis, 27 Januari 2022

Vaksinasi Covid-19 Anak Usia 6-11 Tahun di SDN Wilangan

Kegiatan vaksinasi dimulai sejak Januari 2021 dan sampai saat ini telah menyasar seluruh masyarakat usia 12 tahun ke atas. Dengan mempertimbangkan kajian dan rekomendasi yang dikeluarkan oleh Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional atau ITGI melalui surat nomor 166/ITGI/Adm/IX2021 tanggal 9 Desember 2021 tentang pemberian vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun, maka pemberian vaksinasi COVID-19 pada kelompok usia tersebut telah dinyatakan aman dan harus dilakukan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan. Sehubungan hal tersebut Menteri Kesehatan membuat Surat Keputusan Nomor HK.07/MENKES/6688/2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 bagi Anak Usia 6-11 Tahun.

SD Negeri Wilangan melaksanakan kegiatan vaksinasi pada Rabu, 26 Januari 2022. Bekerja sama dengan Puskesmas dan Satgas COVID-19 Kecamatan Sambit, pos pelayanan vaksinasi di dibuat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang tertera dalam Surat Keputusan Menteri Kesehatan tersebut. Mulai dari skrining sebelum pelaksanaan sampai dengan kegiatan vaksinasi.

Ada 88 siswa di SD Negeri Wilangan. 52 siswa mengikuti kegiatan ini, 24 siswa sudah melaksanakan vaksin usia 12 tahun. Sedangkan 12 siswa lainnya sedang kondisi sakit, masa penyembuhan, dan ada juga yang tidak lolos skrining sehingga siswa ini akan mengikuti penjadwalan ulang. Selain siswa SD Negeri Wilangan, pelaksanaan vaksin juga di ikuti 5 siswa dari TK Dharma Wanita Desa Wilangan yang berlokasi tidak jauh dari SD Negeri Wilangan.

Suasana pelaksanaan berjalan tertib. Peserta/ siswa datang didampingi orang tua/ wali. Dari pintu gerbang sekolah dilakukan cek suhu tubuh dan pemberian hand sanitizer. Kemudian menuju ke tempat pendaftaran dan antrian sesuai rute yang sudah dibuat oleh panitia sekolah. Sebagian besar siswa berani dan lancar ketika melakukan vaksin. Namun ada juga aksi lucu dan nyleneh dilakukan anak-anak untuk menghilangkan rasa takutnya ketika menghadapi jarum suntik.

Hadir memberikan motivasi dan membantu pelaksanaan dalam kegiatan ini diantaranya: Satgas Covid-19 Kecamatan Sambit, Kepala Desa Wilangan, Bintara Pembina Desa (Babinsa) dari Polsek dan Koramil Kecamatan Sambit.




0 comments:

Posting Komentar