Jl. Wijayandaru 35 Wilangan Kec. Sambit Kab. Ponorogo Pos 63474

Sabtu, 02 Juli 2022

Aksi Nyata Modul 3.2 Calon Guru Penggerak - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

Keberhasilan pendidikan di sekolah sangat ditentukan oleh kepiawaian dan kemampuan manajerial sekolah yang didukung kemampuan tenaga pendidik dan kependidikan di sekolah tersebut. Belakangan ini pendidikan karakter gencar dikumandangkan guna membangun karakter peserta didik menjadi individu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungannya. Pendidikan karakter sangat dipengaruhi oleh lingkungan yang berkarakter pula.

Sumber daya di sekolah merupakan sebuah ekosistem karena di dalamnya terdapat interaksi antara faktor biotik (murid, guru tendik, kepala sekolah, pengawas sekolah, orang tua, dan masyarakat) dan abiotik (sarana, prasarana dan keuangan). Pengelolaan sumber daya ini harus dimaksimalkan oleh seorang pemimpin pembelajaran untuk menunjang pendidikan yang berlangsung di sekolah.

Dalam implementasi pengelolaan sumber daya di sekolah sangat disarankan menggunakan Pendekatan Berbasis Aset (Asset Based Thinking). Pendekatan ini menekankan pada kekuatan berfikir positif untuk mengoptimalkan potensi yang ada. Pengelolaan sumber daya secara tepat akan memaksimalkan peran dan fungsi dari setiap sumber daya tersebut sehingga proses pembelajaran lebih bervariasi, berdiferensiasi, serta mampu mengorganisasikan kopetensi sehingga proses pembelajaran menjadi lebih berkualitas.


RANCANGAN TINDAKAN AKSI NYATA


DOKUMENTASI AKSI NYATA











Oleh:

HANUNG EKO SUHARTANTO
Calon Guru Penggerak Angkatan 4 Kab. Ponorogo



0 comments:

Posting Komentar